TEKNO-UPDATE

akperpwmlg

Portal Teknologi Paling Update Di Dunia Tahun 2024

Cara-Menjaga-Privasi-di-Dunia-Maya

8 Cara Menjaga Privasi di Dunia Maya agar tetap Aman

cara menjaga privasi di dunia maya penting untuk diketahui, agar terhindar dari cyber crime.

Di era digital yang serba canggih dan diiringi dengan ketergantungan terhadap internet, tentu perlu dibarengi dengan pengetahuan mengenai cara menjaga privasi di dunia maya.

Perlunya pengetahuan tentang cara menjaga privasi di dunia maya menjadi suatu keharusan, agar terhindar dari berbagai jenis kejahatan online atau cyber crime yang mengintai. 

Seperti diketahui, dunia maya kerap dijadikan sebagai sarana terbuka untuk melancarkan aksi kejahatan secara online atau cyber crime yang tentunya dapat merugikan banyak orang.

Beberapa contoh kasus kejahatan online yang acap kali mengincar para pengguna internet diantaranya adalah doxing.

Doxing sendiri yaitu perbuatan membuka data diri seseorang dan membagikannya di ruang publik tanpa persetujuan yang bersangkutan.

Bahkan yang lebih mengerikan lagi, tindakan tersebut bisa berujung pada cyberbullying atau tindakan bullying di dunia maya yang ditujukan untuk mengucilkan atau melukai seseorang. 

Sementara itu, tujuan dari tindakan tesebut juga sangat bervariatif, diantaranya yaitu untuk melakukan ancaman, tindak pemerasan hingga mempermalukan seseorang dan mengambil keuntungan.

Agar bias terhindar dari cyber crime tersebut maka penting untuk mengetahui cara menjaga privasi di dunia maya.

Cara Menjaga Privasi di Dunia Maya

Berikut adalah delapan cara menjaga privasi di dunia maya agar berselancar di internet tetap nyaman dan aman:

  1. Beri Perhatian pada Pengaturan Privasi

Pastikan untuk memeriksa dan mengatur pengaturan privasi di platform online yang digunakan, termasuk media social, email, dan aplikasi lainnya.

Pada pengaturan privasi, bisa memilih untuk menyesuaikan siapa yang bias melihat informasi dan siapa yang dapat mengirim permintaan pertemanan, dan lain-lain.

  1. Gunakan Nama Pengguna yang Anonim

Ketika hendak membuat akun, pertimbangkan untuk menggunakan nama pengguna yang anonim atau tidak terkait dengan identitas pribadi yang asli. Hal ini berguna untuk melindungi privasi secara online.

  1. Gunakan Layanan Anonim

Usahakan untuk selalu menggunakan layanan anonim atau pribadi saat mengakses situs web online yang tidak memerlukan informasi identitas pribadi, misalnya browser Tor untuk menjelajah secara anonim.

  1. Periksa Izin Aplikasi

Saat menggunakan aplikasi atau layanan online, periksa izin yang diminta oleh aplikasi tersebut. 

Pastikan untuk memberikan izin hanya kepada aplikasi yang membutuhkannya untuk berfungsi dan tidak memberikan akses ke informasi yang tidak perlu.

  1. Gunakan Email Sementara

Saat mendaftar untuk layanan online atau mengikuti situs web yang meminta alamat email, pertimbangkan untuk menggunakan layanan email sementara atau anonim.

Hal ini dapat membantu melindungi alamat email dari spam dan juga penyalahgunaan data pribadi.

  1. Waspadai Identifikasi Unik

Hindari menggunakan identifikasi unik atau nomor identifikasi pribadi lainnya secara terbuka di platform online.

Identifikasi unik seperti nomor identitas atau nomor kartu kredit harus dilindungi dengan baik untuk mencegah penyalahgunaan.

  1. Pahami Resiko Jejak Digital

Sadari bahwa semua jejak digital yang pernah dibuat dapat diikuti dan direkam oleh berbagai situs web dan layanan online.

Berhati-hatilah saat membagikan informasi secara online, termasuk di media social, dan pertimbangkan konsekuensinya.

  1. Jaga Privasi Pesan

Ketika berkomunikasi secara online, pastikan untuk menjaga privasi pesan dengan menggunakan platform yang aman dan terenkripsi. Hindari berbagi informasi pribadi yang sensitive melalui pesan yang tidak terenkripsi.

Dengan menerapkan langkah-langah cara menjaga privasi di dunia maya ini, diharapkan para pengguna internet dapat menjaga privasinya di dunia maya dan mengurangi resiko pencurian, pelacakan online, dan pelanggaran privasi lainnya.

Back to top