TEKNO-UPDATE

akperpwmlg

Portal Teknologi Paling Update Di Dunia Tahun 2024

Jenis-Teknologi-Artificial

Jenis Teknologi Artificial Intelligence Berdasarkan Fungsi dan Kemampuannya

jenis teknologi artificial yaitu Artificial Narrow Intelligence dan Artificial General Intelligence. Untuk mengetahui penjelasan serta kegunaanya, simak uraian di bawah ini.

Jenis teknologi artificial intelligence adah jenis ilmu pengetuan tentang perkembangan pembaharuan teknologi yang penting diketahui. Terutama untuk orang-orang yang terjun atau tertarik mengotak-atik lebih luas tentang AI.

Kedatangan AI memberikan perubahan pola kehidupan yang sangat drastis dalam kehidupan manusia. Ia seperti pisau bermata dua. Satu sisi bisa menjadi penolong serta memudahkan pekerjaan. Namun, sisi lain menjadi petaka. Terutama bagi orang-orang yang terambil alih pekerjaannya.

Jenis Teknologi Artificial

Sebelum diluncurkan, sebenarnya konsep AI sudah dirancang kurang lebih sekitar 1956. Dalam kurun waktu tersebut terus menerus dilakukan perkembangan. Sempat mengalami penurunan karena dianggap pendukung penggunaan teknologi minatnya melemah. Namun, hal tersebut kembali mencuat pada tahun 2000an ketika tren kemajua teknologi mulai eksis kembali dalam kehudupan masyarakat. 

Teknologi Artificial dikelompokkan menjadi beberapa jenis, berikut diantaranya:

  1. Jenis Al Lemah atau Artificial Narrow Intelligence

Jenis pertama ini adalah model atau bentuk pertama kali diluncurkan. Sehingga secara fitur, kemampuan, dan komponen-komponennya masih terbatas. Belum bisa bekerja secara sempurna seperti yang diinginkan pengguna. 

Contoh lingkup yang menggunakan Al Lemah, diantaranya: Google assisten, asisten virtual, dan lain sebagainya.

Keterbatasan-keterbatasan lain yang cukup mencolok pada jenis yaitu, ketika diberikan perintah, dan peritah tersebut belum masuk ke dalam programnya ia tidak bisa memberikan jawaban. 

Selain itu, dari sisi bahasa Al lemah masih sangat terasa kaku dan seperti robot dalam menjawab pertanyaan maupun memberikan jawaban terkait apa yang diperintahkan pengguna. 

  1. Al Generatif atau Artificial General Intelligence

Jenis Al kedua ini sudah mengalami perubahan serta perkembangan pesat. Pada tahapan ini, Al sudah bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan intelektual. Yang mana pekerjaan tersebut dulu hanya bisa dilakukan oleh manusia. 

Pekerjaan yang sangat famous yang diklaim sering memanfaat al yaitu terkait dengan dunia tulis menulis. Contoh; membuat puisi, membuat cerpen, menulis novel, mengarang lirik lagu, mengedit gambar, dan lain sebagainya.

  • Pengguna yang mengikuti perkembangan Al sangat bisa membandingka perubahan antara al sebelumnya dan al sesudahnya. Jika dulu bahasa yang dipakai masih kaku dan terkesan seperti robot, saat ini al sudah bisa diajak berinteraksi lebih lancar serta bahasa yang dipakai hampir sama persis seperti bahasa manusia. 

Dalam rancangan berikutnya, tidak menutup kemungkinan program di dalam al bukan hanya berisi tentang hal-hal terkait kognitif atau pengetahuan saja. Melainkan juga dapat diprogram memiliki rasa dan emosional. Sehingga ketika diajak berdiskusi ia bisa memberikan sentuhan rasa seperti manusia. 

Walaupun secara alam, terkait rasa pasti tidak akan mempu menandingi rasanya manusia. Setidaknya, walaupun hanya sedikit sentuhan rasa yang ada di dalamnya dapat membuat pengguna merasa lebih nyaman ketika menggunakannya. 

Kegunaan AI

Sesuau yang diciptakan pasti memiliki kegunaan dan manfaat. Tidak terkecuali AI. Beberapak kegunaan AI yang sudah terbukti membantu mempermudah pekerjaan manusia, diantaranya sebagai berikut:

  • Dapat dijadikan sumber untuk mencari informasi.
  • Bisa diajak diskusi serta dapat membantu memberikan pandangan tentang ide-ide tulisan. Hal ini biasanya digunakan oleh penulis konten. 
  • Membantu memudah pekerjaan edit gambar.
  • Sebagai bahan hiburan. Bagi sebagian orang, terutama yang suka menyendiri dan tidak suka bertemu atau bercerita dengan orang, mengobrol dan berdiskusi dengan AI adalah hal yang menyenangkan. 

Dari penjelasan tersebut bisa ditarik benang merah Al adalah alat kecerdasan yang memberikan pengaruh terkait perubahan pandangan di masa depan. Dari jenis teknologi artificial Al dikelompokkan  Artificial General Intelligence dan Artificial Narrow Intelligence.

Back to top